Saturday, September 12, 2015

STRUKTUR DAUN DAN FUNGSINYA PADA TUMBUHAN

Artikel kali ini mengulas tentang seperti apa struktur daun, dan apa fungsi daun pada tumbuhan. Pada artikel saya sebelum nya, kita ketahui bahwa daun adalah salah satu bagian atau organ pokok (alat hara) pada tumbuhan.
Sebagian besar daun tumbuhan berwarna hijau, hal ini karena daun mengandung zat klorofil yang fungsi utamanya adalah sebagai penangkap energi dari cahaya matahari yang diperlukan untuk proses fotosintesis.

Daun memiliki anatomi sebagai berikut :


-          Epidermis atau lapisan daun.
Epidermis pada daun adalah lapisan sel hidup terluar dari daun. Jaringan epidermis ini terbagi menjadi 2 (dua), yaitu epidermis atas dan epidermis bawah. Fungsi epidermis ini untuk melindungi jaringan lain yang ada di dalam daun. Beberapa tumbuhan juga memiliki lapisan kutikula seperti lilin.

-          Jaringan mesofil.
Jaringan mesofil adalah jaringan yang terletak di dalam daun yang di lindungi oleh Epidermis. Di dalam jaringan mesofil ini terdapat beberapa jaringan daun lain nya, yaitu :
1.      Jaringan tiang atau jaringan palisade. Jaringan ini mengandung banyak kloroplas yang berfungsi untuk proses pembuatan makanan. Jaringan tiang berbentuk sel-sel yang berbentuk silinder dan tersusun rapat.
2.      Jaringan bunga karang atau jaringan spons. Jaringan ini berfungsi sebagai tempat penyimpan cadangan makanan. Bentuk sel nya berongga.
3.      Pembuluh angkut. Terdiri dari pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem). Sesuai dengan nama nya, fungsi utama dari pembuluh angkut adalah untuk mengangkut air dan mineral menuju daun, dan mengedarkan hasil proses fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

-          Stomata.
Stomata adalah struktur bukaan (rongga pernafasan / respirasi), yang diapit sel penjaga / penutup di kanan dan kiri nya. Umumnya stomata terletak pada epidermis bawah, tapi ada juga yang terletak di epidermis atas dan bawah. Stomata mengambil CO₂ dari udara untuk proses fotosintesis, dan mengeluarkan O₂ sebagai hasil proses fotosintesis. Tanaman air tidak memiliki stomata sama sekali. Pada stomata juga terdapat sistem miselasi radial, yaitu serat selulosa yang mengelilingi sel penjaga.

            Fungsi utama daun adalah untuk proses memasak makanan. Dalam proses ini dibutuhkan beberapa bahan, yaitu air, zat mineral, karbon dioksida dan cahaya matahari. Proses memasak makanan pada daun terjadi dalam dua tahap, yaitu :

1.      Reaksi terang.
Pada tahap ini terjadi reaksi kimia yang membutuhkan cahaya matahari untuk memecah air (H₂O) menjadi 2 molekul yaitu oksigen (O₂) dan hidrogen (H₂). Pada proses ini, oksigen akan dikeluarkan dari daun melalui stomata. Sedangkan hidrogen akan digunakan lagi pada tahap berikutnya.

2.      Reaksi gelap.
Reaksi ini tidak membutuhkan cahaya matahari. Terjadi pada bagian kloroplas yang disebut stroma. Bahan yang dibutuhkan untuk reaksi ini adalah hasil dari reaksi terang, dan CO₂ yang berasal dari udara bebas. Dari reaksi ini dihasilkan glukosa.
Ada empat tahap reaksi gelap, yaitu Fiksasi, Reduksi, Regenerasi dan Sintesa.

            Dalam sehelai daun yang tipis ternyata terdapat jaringan-jaringan yang memiliki fungsi sangat luar biasa. Dari sehelai daun yang tipis itu pula sebagian besar oksigen (90%) yang kita butuhkan untuk bernafas dihasilkan. Daun adalah bagian pokok dari tumbuhan. Tanpa adanya tumbuhan, bisakah Anda bayangkan berapa banyak oksigen yang bisa kita hirup?. Tanam, dan rawatlah tumbuhan, untuk kelangsungan kehidupan di Bumi.

            Demikian tadi ulasan saya tentang struktur dan fungsi daun pada tumbuhan. Jika ada kekurangan dalam artikel ini, silahkan berikan masukan pada kolom komentar.



Sumber :
Dari segala sumber penelusuran.
Diposkan oleh Unknown Pada 11:06:00 PM 1 komentar

1 comment:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Total Pageviews

    Flag Counter