Saturday, September 12, 2015



BAGIAN-BAGIAN POKOK PADA TUMBUHAN

            Mari kita lanjut uraian bagian-bagian pokok pada tumbuhan. Bagian pokok tumbuhan berikutnya adalah Daun dan Batang tumbuhan. Ini uraian nya :

2.  DAUN


Daun adalah salah satu alat hara pada tumbuhan. Secara umum Daun berfungsi utama sebagai tempat pengolahan makanan pada tumbuhan (Fotosintesis).
Daun tumbuh pada batang. Bagian batang tempat tumbuhnya Daun disebut buku-buku batang (Nodus). Sedangkan bagian antara batang dan daun yang membentuk sudut disebut ketiak Daun (Axilla). Bagian-bagian Daun antara lain helai daun, dasar daun dan tangkai daun.
Daun dikelompokan menjadi 2 (dua), Daun tunggal dan Daun majemuk. Pada Daun majemuk, terdapat sejumlah anak Daun yang melekat pada tangkai Daun atau perpanjangan nya pada sumbu yang sama. Anak Daun yang tumbuh pada sisi lateral dari sumbu disebut Daun majemuk bersirip (Pinnatus). Jika anak Daun tumbuh pada ujung sumbu yang sangat pendek atau melekat pada ujung tangkai Daun, disebut Daun majemuk menjari (Palmatus / Digitatus).
Selain dua jenis daun majemuk tersebut, masih ada pembagian daun majemuk lain nya, yaitu Daun majemuk bangun kaki (Pedatus), dan Daun majemuk campuran (Digitatopinnatus).
Daun merupakan bagian tumbuhan yang paling pendek umur nya. Dalam jangka waktu tertentu Daun tua akan berubah warna dan mengering, kemudian terlepas dari batang tumbuhan. Namun pertumbuhan daun yang muda lebih banyak, sehingga pada tumbuhan yang besar akan terlihat jumlah daun yang semakin banyak.
Ada tumbuhan tertentu (contoh pohon jati) yang sengaja menggugurkan hampir semua daun nya yang disebut dengan meranggas. Hal ini biasa nya terjadi pada musim kemarau, yang bertujuan untuk mengurangi penguapan air pada tanah. Dan kembali bersemi saat musim hujan.

3. BATANG


            Batang adalah sumbu pada tumbuhan berpembuluh, tempat semua bagian lain tumbuhan bertumpu dan tumbuh.
            Umumnya batang berbentuk panjang dan bulat (silinder), atau dapat pula mempunyai bentuk lain. Namun selalu bersifat aktinomorf (simetri radial). Terdiri atas ruas-ruas yang dibatasi oleh buku-buku. Pada buku-buku ini muncul tunas yang membentuk cabang batang, daun dan akar.
            Umumnya batang tumbuh keatas mengarah ke sinar matahari (fototrop / heliotrop). Batang selalu bertambah panjang pada ujung nya. Menumbuhkan percabangan dan jarang sekali menggugurkan cabang nya.
Sebagian besar tidak berwarna hijau, kecuali tumbuhan yang masih muda atau tumbuhan yang berumur pendek seperti rumput.
Tidak semua tumbuhan memiliki ciri-ciri batang seperti yang di sebutkan diatas. Ciri-ciri diatas hanya ciri batang tumbuhan secara umum.

Demikian tadi uraian tentang bagian-bagian pokok pada tumbuhan yang menunjang kelangsungan tumbuh kembang nya tumbuhan. Dan karena sangat penting dan berarti nya tumbuhan bagi seluruh kehidupan dan lingkungan di bumi, maka mari kita rawat dan lestarikan tumbuhan.

Sumber :
Materi dan gambar di dapat dari berbagai sumber penelusuran.
Diposkan oleh Unknown Pada 1:53:00 AM Belum ada komentar

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Total Pageviews

    Flag Counter