Saturday, September 12, 2015

BAGIAN-BAGIAN POKOK PADA TUMBUHAN



Tumbuhan memiliki 3 ( tiga ) bagian pokok yang memiliki fungsi untuk menopang pertumbuhan nya. Bagian-bagian pokok itu adalah Akar, Batang, dan Daun. Langsung saja simak uraian nya berikut ini.


1. AKAR


Akar adalah bagian tumbuhan yang biasanya berada di dalam tanah, dengan arah pertumbuhan menuju ke pusat bumi (disebut geotrop). Atau menuju ke air (disebut hidrotrop), meninggalkan udara atau cahaya (terpendam didalam tanah atau masuk ke air). Namun ada juga akar yang tidak terpendam didalam tanah atau didalam air, seperti akar Anggrek dan benalu.

Akar tidak berbuku-buku, tidak beruas-ruas, dan tidak mendukung daun juga bagian-bagian lainnya. Ujung akar terus tumbuh dan ujung nya sering kali meruncing, yang berfungsi untuk mempermudah pertumbuhan nya menembus tanah.

Fungsi akar tumbuhan adalah untuk memperkuat berdirinya batang tumbuhan di lingkungan hidupnya. Untuk menyerap dan  mengangkut air dan zat-zat makanan yang dibutuhkan tumbuhan untuk pertumbuhan nya. Berfungsi juga sebagai alat respirasi (pernafasan) tumbuhan. Dan juga sebagai tempat penyimpan cadangan makanan sekaligus sebagai alat reproduksi vegetatif.

Secara umum akar terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu akar serabut dan akar tunggang.

Akar serabut umum nya dimiliki oleh tumbuhan monokotil. Fungsi utama akar serabut adalah untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah, dan untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan.

Akar tunggang umumnya dimiliki oleh tumbuhan dikotil. Fungsi nya selain untuk menyerap mineral dan air, juga berfungsi sebagai tempat penyimpan makanan. Contohnya pada wortel, ubi, lobak dan lainnya.

Selain dua jenis akar seperti tersebut diatas, ada beberapa jenis modifikasi akar lagi yang dibagi berdasarkan keunikan fungsi dan bentuknya, yaitu Akar gantung, Akar nafas, Akar pelekat, Akar penghisap, Akar pembelit, Akar tunjang, Akar lutut, dan akar banir.

Akar gantung tumbuh dari batang bagian atas, dan tumbuh menjuntai kearah tanah. Akar gantung ini berfungsi untuk menyerap uap air dan gas dari udara. Namun bila akar tersebut telah mencapai tanah, akar tersebut akan masuk menembus kedalam tanah dan berfungsi menyerap air dan mineral dari dalam tanah. Contoh akar gantung bisa kita lihat pada tumbuhan beringin dan anggrek.

Akar nafas tumbuh dari batang bagian bawah. Akar muncul di permukaan tanah. Bagian yang berada di permukaan tanah ini berfungsi untuk bernafas. Contoh nya pada tumbuhan bogem dan kayu api.

Akar pelekat tumbuh di sepanjang batang tumbuhan. Akar ini berfungsi untuk melekatkan batang pada tumbuhan lain atau pada apa saja yang bisa di rambati nya. Akar ini terdapat pada tumbuhan merambat. Contoh nya tumbuhan sirih.

Akar penghisap ditemukan pada tumbuhan yang hidup sebagai tumbuhan parasit. Berfungsi untuk melekatkan batang sekaligus menyerap air dan zat-zat makanan dari tumbuhan yang ditumpangi nya. Contoh nya benalu.

Akar pembelit berfungsi sama seperti akar pelekat. Beda nya akar ini membelit atau melilit tumbuhan lain atau apa saja yang bisa dirambati nya. Contoh nya pada tumbuhan Vanili.

Akar tunjang tumbuh dari bagian bawah batang ke segala arah, seolah-olah  menopang batang agar tidak roboh. Contoh nya pada tumbuhan pandan dan bakau.

Akar lutut tumbuh dari bagian bawah batang dan mengarah ke atas tanah, kemudian masuk ke dalam tanah. Fungsi nya sama seperti akar nafas. Contoh nya pada tumbuhan tanjang.

Akar banir tumbuh berbentuk seperti papan yang di miringkan. Berfungsi untuk menopang batang pohon yang besar. Contoh nya tumbuhan sukun.

Saya akhiri uraian tentang akar. Untuk bagian tumbuhan selanjutnya, yaitu Daun dan Batang, silahkan klik disini.



Sumber :
Materi dan gambar di dapat dari berbagai sumber penelusuran.
Diposkan oleh Unknown Pada 12:05:00 AM Belum ada komentar

0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Total Pageviews

    Flag Counter